Beberapa hari belakangan ramai beredar sebuah infografis di media sosial, termasuk di grup-grup WhatsApp. Dalam gambar tersebut disebutkan ada 11 negara yang diperbolehkan masuk Arab Saudi.

Gambar tersebut, berdasarkan yang tertera di bagian bawahnya, dibuat oleh www.jawapos.com. Mengutip Kementerian Dalam Negerai Arab Saudi, dikabarkan ada 11 negara yang dapat masuk ke Arab Saudi per-30 Mei 2021. Hanya saja Indonesia tidak termasuk 11 negara tersebut.

Lebih lanjut, infografis tersebut menyebutkan 11 negara tersebut yaitu UEA, Jerman, Amerika, Irlandia, Italia, Portugal, Inggris, Swedia, Swiss, Perancis, dan Jepang.

Adapun dasar pertimbangannya, seperti yang termaktub, yaitu keberhasilan 11 negara tersebut dalam menjaga stabilitas situasi epidemik dan efektifitas mereka dalam mengendalikan pandemi Covid-19 di masing-masing negara.

Apakah ini berarti hanya 11 negara tersebut yang boleh masuk ke Arab Saudi dan artinya Indonesia tidak boleh berangkatkan jamaah haji pada tahun ini? Berikut ini surat klarifikasi Duta Besar Saudi Arabia:

Surat Klarifikasi Dubes Arab Saudi, Isham bin Ahmad Abid Ats Tsaqafi (versi Arab)
Surat Klarifikasi Dubes Arab Saudi (Versi Indonesia)

Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *