RumahBaca.id, Indramayu – Sabtu (25/09/2021), Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPNU) SMK Assalafiyah Krangkeng melakukan giat santuan kepada anak-anak yatim di desa Luwunggesik, kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu.

Kegiatan tersebut merupakan program bulanan PK IPNU-IPPNU yang berada di bawah nanungan PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Krangkeng Indramayu tersebut.

Dana yang disalurkan, menurut penuturan Rekanita Kaheiriyah, merupakan donasi dari guru-guru dan siswa-siswi di SMK Assyafi’iyah.

“Kami, rekan dan rekanita pengurus, setiap hari Jum’at selama satu bulan secara rutin berkeliling dari kelas ke kelas, hingga ke ruang guru untuk mengumpulkan donasi dan sekedah,” terangnya.

Sementara itu, Suleman selaku ketua PK IPNU SMK Assalafiyah, menuturkan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk kedekatan antara pelajar dengan masyarakat, sebagaimana pesan dan cita-cita pendiri IPNU, KH Tolhah Mansur.

“Cita-cita IPNU adalah membentuk manusia berilmu yang dekat dengan masyarakat, bukan manusia calon kasta elit dalam masyarakat,” jelas.

Adapun tujuan diadakannya program tersebut, menurut penuturan Agus Sofyan, pembina PK IPNU-IPPNU Assalafiyah, yaitu sebagai sarana pembelajaran bersedekah bagi siswa-siswi SMK Assalafiyah.

“Ya, meskipun uang saku pas-pasan, kita harus tetap bersedekah. karena bersedekah kan tidak harus menunggu sukses ataupun kaya terlebih dahulu,” ujar pria yang akrab disapa Pak Agus tersebut.

Menanggapi giat santunan yang dilakukan PK IPNU-IPPNU Assalafiyah tersebut, Pimpinan Anak Cabang IPPNU Kecamatan Krangkeng merasa berbangga dan menyambut baik.

“Kami bangga. Mereka belum lama dilantik, tapi sudah melakukan gebrakan kerja-kerja organisasi,” terang rekanita Fadilatul Isti’adat, ketua PAC IPPNU Krangkeng.

Fadila berharap, semoga giat tersebut menjadi contoh bagi Pimpinan Komisariat lain yang ada di kecamatan Krangkeng. (Ozie)

Editor: Masyhari

Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *