Oleh Syaukah, S.Pd.I, Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Jakarta Selatan

Dua tahun sudah kita merayakan hari kemerdekaan Republik tercinta ini di tengah wabah Covid-19. Pemerintah pun menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) hingga dalam kurun waktu 2 bulan ini (Juli-Agustus 2021). Sudah 4 kali PPKM diperpanjang. Varian virus Covid yang terbaru bernama Delta mengakibatkan sangat banyak korban yang tidak terselamatkan. Banyak pula tenaga medis yang berguguran, mereka yang berada di garda terdepan. Di zaman kemerdekaan ini mereka layak disebut pahlawan kesehatan.

Pandemi ini masih mewabah di bulan Agustus ini, bulan yang identik dengan kemerdekaan, bangkitnya Indonesia dari keterpurukan. Kegigihan dan kekuatan para generasi muda saat ini sangatlah diperlukan untuk mengubah rakyat Indonesia yang melek di segala aspek kehidupan: pendidikan, ekonomi dan aspek lainnya. Saat ini bangsa Indonesia sedang terpuruk perekonomiannya, imbas dari lonjakan angka pengangguran akibat PHK oleh berbagai perusahaan. Janganlah sampai krisis ekonomi ini membawa dampak krisis mental. Di tengah wabah pandemi corona ini, semoga segala wabah penyakit akibat kegelapan dari segala dosa dan kemaksiatan manusia yang membuat murka Allah segera hilang dari permukaan bumi ini bersamaan dengan masuknya bulan Muharam, tahun baru Hijriyah yang mengingatkankan kita terhadap peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

Tahun baru Islam memiliki arti semangat perjuangan yang penuh optimisme, tak kenal putus asa. Momen ini juga dapat dimaknai sebagai semangat hijrah. Hijrah berarti meninggalkan kegelapan, kekelaman menuju alam yang ramah dan bersahabat.

Peringatan hari kemerdekaan ke-76 ini tidak berlangsung meriah seperti pada tahun-tahun sebelumya, karena kita masih berada di tengah wabah pandemi corona. Ini mengharuskan kita bersama-sama berjuang melawan virus dengan tetap #DiRumahAja. Walaupun di rumah saja, ternyata ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk tetap menghormati jasa para pejuang kemerdekaan. Berikut ini 5 cara memperingati Hari Kemerdekaan dari rumah:

Mengembangkan Semangat Berliterasi

Kita bisa mengisi hari-hari dengan menghasilkan karya berupa artikel, puisi, cerpen, atau yang lainnya, lalu mengunggahnya di media sosial. Kita bisa berkarya, menghasilkan tulisan yang menggambarkan tentang makna kemerdekaan dan dipublikasikan melalui media sosial. Harapannya, setiap orang yang membacanya akan ikut merasakan semangat perjuangan para pahlawan. .

Berdonasi dan Berpartisipasi Membantu Sesama

Donasi atau partisipasi aktif kita sangat dibutuhkan, khususnya bagi korban yang terdampak pandemi, agar mereka dapat bangkit dari masa-masa sulit. Peringatan hari kemerdekaan biasanya dilakukan oleh masyarakat dengan berbagai macam lomba. Berhubung tak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut, sebagai gantinya kita bisa ikut berdonasi, baik secara online maupun langsung kepada mereka yang terkena wabah corona atau yang terdampak pandemi secara ekonomi. Kita menjadi pahlawan untuk orang yang membutuhkan, terutama di masa yang serba sulit seperti sekarang ini.

Mengikuti Kegiatan Lomba secara Online

Untuk memperingati hari kemerdekaan di sekolah biasanya diselenggarakan berbagai perlombaan yang disesuaikan dengan tema kemerdekaan. Nah, berhubung pembelajaran saat ini dilaksanakan secara daring, maka kegiatan lomba dilaksanakan secara online. Hal ini sebagai sarana mengembangkan potensi diri untuk meneruskan cita-cita para pahlawan kemerdekaan.

Menyelenggarakan dan Mengikuti Webinar

Pandemi tidaklah menjadi penghalang, memutuskan langkah kita untuk menggali ilmu. Saat ini banyak sekali diselenggarakan pembelajaran melalui Webinar, sebagai sarana berbagi ilmu yang bermanfaat dan tentunya sebagai ladang amal bagi pemateri dan penyelenggara.

Itulah beberapa cara memperingati hari kemerdekaan 2021. Perayaan hari kemerdekaan 2021 memang tidak semeriah seperti sebelumnya, tetapi hal terpenting adalah semangat juang generasi muda untuk meneruskan cita-cita para pahlawan.

Semoga semangat hijrah saat ini terealisasi di bulan Muharam ini. Dengan meningkatkan amal ibadah kepada Sang Malik yang merajai alam semesta berserta makhluk-makhluk-Nya termasuk virus corona ini.

Berkibarlah Sang Merah Putih. Merahkan jiwa kami dengan semangat yang membara untuk kemajuan bangsa Indonesia, bukan dengan zona merah pandemi. Semoga zona merah segera beralih menjadi zona hijau. Amin.

Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *