Penulis: Aan Nur Hasanah, M.Pd | Editor: Masyhari

Latar Belakang

Pada Maret 2017, ketika mutasi dari Bogor dan memulai bertugas di Durajaya, saya Aan Nurhasanah, M.Pd berkeinginan membuka sebuah taman baca. Hal itu dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut:

  1. Banyaknya koleksi pribadi yang sangat disayangkan jika hanya menjadi penghias lemari;
  2. Kondisi siswa di kelas tempat mengajar yang masih belum bisa membaca dengan lancar;
  3. Miris melihat anak-anak yang kesehariannya sudah terkontaminasi dengan gadget di tangan; dan
  4. Memberdayakan bangunan dan lahan yang ada.

Dari empat alasan di ataslah Taman Baca Masyarakat Titian Cahaya Iman kami dirikan. Pada waktu itu, anak-anak yang berkunjung baru sekitar 5 orang. Itu pun karena mereka ikut bimbingan belajar. Setelah melaporkan keberadaan taman baca kepada pemerintah desa setempat, maka Taman Baca Titian Cahaya Iman mulai melakukan operasionalnya dengan izin dari Kepala Desa sejak April 2018.

Taman Baca Masyarakat Titian Cahaya Iman yang terletak di lingkungan Kampung Mekarasih RT 001 RW 004 Desa Durajaya Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon ini adalah taman baca yang berusaha untuk meningkatkan minat baca di lingkungan sekitar secara sosial (non profit) di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Titian Cahaya Iman.

Tujuan TBM Titian Cahaya Iman

Taman Bacaan Masyarakat Titian Cahaya Iman diselenggarakan dengan harapan dapat menjadi sebagai salah satu perangkat kelengkapan pendidikan untuk bersama dengan kelengkapan-kelengkapan yang lain guna meningkatkan kecerdasan, keterampilan, daya nalar dan pemikiran anak yang dilandasi keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat mempertinggi budi pekerti dan mempertebal semangat belajar. Diharapkan akan tumbuh manusia-manusia mujahid, mujtahid dan mujaddid yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan umat.

Visi dan Misi TBM Titian Cahaya Iman

Taman Baca Masyarakat Titian Cahaya Iman mempunyai visi “Menjadikan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Wadah Untuk Belajar dan Mengembangkan Diri”.

Adapun misi Taman Baca Masyarakat Titian Cahaya Iman adalah untuk:

  1. Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca;
  2. Memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat dan berhasil, guna;
  3. Meletakan dasar-dasar ke arah belajar mandiri

Jam Operasional & Agenda Kegiatan

Layanan Taman Baca Masyarakat Titian Cahaya Iman dibuka setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 12.00 sampai dengan pukul 17.00, sedangkan hari Minggu pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00.

Kegiatan harian di Taman Baca Masyarakat Titian Cahaya Iman adalah membaca buku di tempat, tidak memberikan layanan pinjaman untuk dibawa pulang ke rumah dengan pertimbangan koleksi buku yang tidak banyak.

Sedangkan kegiatan lainnya, waktu pelaksanaan mengikuti kegiatan yayasan atau kegiatan madrasah diniyah dan taman kanak-kanak. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain santunan yatim, peringatan hari besar nasional, peringatan keagamaan, pekan kreasi, liburan camp, Sanlat, mendongeng, parenting, lomba-lomba, dan lainnya.

Taman Bacaan Masyarakat Titian Cahaya Iman yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Titian Cahaya Iman mempunyai susunan pengurus. Bertindak sebagai penanggung jawab yaitu  H. Mahfudlin dan pembimbing Dadan Hermawan, M.Pd. Sedangkan ketua TBM yaitu Aan Nurhasanah, M.Pd, dengan sekretaris Saeful Anwar, dan Yayah Sa’diyah sebagai bendahara.

Selain itu, ada Tri Widya Handayani, S.Pd (bagian pengadaan buku), Silvy Naila Arafah (bagian pemeliharaan buku), dan Sulaeman (bagian pengembangan minat & bakat).

Membuka Lapak Baca Gratis

Pengunjung Taman Baca

Pengunjung Taman Baca Masyarakat Titian Cahaya Iman terdiri dari berbagai kalangan. Ada orang tua yang sedang menunggu anaknya belajar, mengisi waktunya dengan membaca majalah atau lainnya, atau ibu-ibu majlis taklim sebelum acara dimulai memilih bacaan buku agama atau yang menarik lainnya. Tetapi, yang biasa menggunakan fasilitas di Taman Baca Masyarakat Titian Cahaya Iman adalah anak-anak usia 4 tahun sampai 12 tahun. Jumlah keseluruhan pengunjung selama ini yang tercatat kurang lebih 50 anak, dengan jumlah kunjungan yang berbeda tiap harinya.

Fasilitas dan Sarana Prasarana

Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Taman Baca Masyarakat Titian Cahaya Iman sebagai inventaris, untuk sementara adalah buku cerita anak, buku agama, buku umum, kamus, ensiklopedia, novel, komik, buku pelajaran, rak buku, meja, kursi, whiteboard, karpet, lemari, alqur-an, dan papan pengumuman.

Pengadaan koleksi buku hasil dari mengajukan permohonan bantuan buku dan perlengkapannya kepada masyarakat, relasi, intansi, juga penerbit dan toko-toko buku, serta membuka bantuan sumbangan buku dan lain-lain dari semua pihak

Pembiayaan taman bacaan masyarakat ini diperoleh dari iuran pengurus Taman Bacaan Masyarakat Titian Cahaya Iman dan bantuan lain yang halal dan tidak mengikat.[]

Bagikan tulisan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RumahBaca.id