Reckless: Novel Fiksi Fantasi Yang Amazing

Oleh Eni Ratnawati*)

Rumah Baca – Kamu pecinta fiksi fantasi? Booyah! Novel ini dijamin akan mewarnai imajinasimu, melengkapi petualanganmu dalam dunia cermin yang mencekam sekaligus menakjubkan. Serunya keterlaluan, Kakak! Kerennya tak terkatakan! Rampung baca novel ini jadi pengen ngemil cireng, meluk Jake, then say: I love you so much. Kekekekek.

Beneran!! Sumpah! Damn Cornelia! Sekali mendayung dalam deras arus Reckless, kamu akan kesulitan menemukan tambatan yang tepat untuk berhenti. Selanjutnya kamu akan tersesat di rimba lapar, merasakan dinginnya kutukan Peri Gelap, ancaman luar biasa dari bangsa Goyl, elf, penyihir, jam pasir, gagak emas, ect. Tidak tanggung-tanggung, nama-nama makhluk berikut benda dan cuplikan kisahnya yang familiar dalam negeri dongeng itu akan dengan mudah kamu temukan di sini.

Novel: Reckless
Penulis: Cornelia Funkie, Lionel Wigram
Tebal: 376 hlm
Penerjemah: Monica Dwi Cresnayani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama 2012

Penasaran kan?? Lets talk this one deeply!

Cermin hanya akan terbuka bagi orang yang tidak bisa melihat dirinya sendiri (Reckless, 4).

John Reckless menghilang. Begitu saja? Lebih tepatnya lenyap secara misterius. Lelaki pemilik sketsa burung merak itu raib seperti ditelan langit. Tidak meninggalkan pesan atau apa pun yang dapat mengobati kegelisahan istri serta kemarahan dua anak lelakinya. Ke mana John? Di mana ia? Berkali-kali Jacob mencoba memahami, mencari jejak ayahnya melalui apa saja yang terserak di meja kerjanya, namun semua hanya memberinya satu kunci:
John Reckless tidak akan pernah kembali.

Kisah ini bermula dari sebuah cermin yang tergantung di antara rak-rak ruang kerja John Reckless. Cermin itu bagaikan mata yang gemerlapan. Di dalamnya tersimpan begitu banyak rahasia, cerita, ancaman, dan bahkan cermin itu memerangkap dunia lain dengan dua bulan menggantung di pelataran langit seolah memberi tanda, dunia yang satu ini adalah dunia para aneh yang tidak kenal istilah ramah.

Bertahun-tahun Jacob Reckless keluar-masuk dan terus menyembunyikan rahasia di balik cermin. Secuil pun Jake, begitu ia akrab disapa, tak berniat membocorkan petualangannya yang berbahaya baik kepada ibu atau pun adiknya, Will. Jake selalu berhasil memanipulasi kepergiannya. Ibunya yang depresi pasca kepergian John Reckless suaminya, tidak terlalu peduli soal apa pun. Dan Will, adiknya yang penakut itu selalu percaya dengan apa pun bentuk kebohongan yang ia lakukan.

Hanya saja, sampai kapan Jacob sanggup menutupi jejaknya sendiri? Sebaik apa ia bisa mengemas kebohongan ini? Pada akhirnya, Jacob harus membayar mahal kekeliruannya. Satu kecerobohan yang ia lakukan harus ditebus dengan tekad kuat, darah, rasa sakit dan taruhan nyawa. Jika tidak, dunia aneh di dalam cermin akan memiliki adiknya, dan Jacob harus rela kehilangan Will untuk selama-lamanya.

Reckless terbit pada 2010, novel pertama dari pentalogi super kece Mirrorworld yang terdiri dari: Reckless (2010), Fearless (2012), The Golden Yarn (2015), dan The Silver Tracks (2021). Novel ini ditulis oleh bestselling author international Cornelia Funke kolaborasi dengan Lionel Wigram. Selain author, Cornelia sekaligus ilustrator dalam novel-novelnya. Ia memberikan gambaran cukup ganjil tapi apik, mewakili sosok-sosok yang sulit dibayangkan. Reckless dialihbahasakan oleh Monica Dwi Cresnayani, tebal 376 halaman. Novel ini versi Indonesianya terbit pertama kali pada 2012 oleh Gramedia Pustaka Utama.

“Aku melihat wajahmu di matanya. Bagaimana seseorang bisa bermimpi tentang sesuatu yang belum terjadi? Tentang seseorang yang tidak pernah dijumpainya? Atau justru karena mimpinya kau ada untukku? Apakah ia menaburkan semua daging membatu itu hanya untuk memanenmu?”

(Reckless, 336)

Apa yang kau pikirkan tentang batu? Bagaimana jika batu tumbuh di kulit manusia? Aliran darah yang panas menggelegak itu perlahan mendingin, beku. Batu memberimu kekuatan menakjubkan, kuat, gelap, sengit, tak tertandingi. Apa yang mustahil jika sudah berkaitan dengan sihir? Dan sihir itu sekarang sedang bekerja di dalam tubuh Will.

Dikisahkan bahwa dunia di dalam cermin saat itu sedang dikuasai oleh bangsa kulit batu alias Goyl. Goyl memiliki kekuatan yang sangat besar. Mereka menaklukkan bangsa manusia dan menebarkan kutukan melalui sihir sang Ratu, Peri Gelap permaisuri Raja Goyl Kami’en. Para prajurit Goyl dipimpin oleh panglima perang mereka, Hentzau, masih terus mencari si Goyl Giok. Goyl baru yang dipercaya oleh Peri Gelap akan menjadi kekuatan maha dahsyat Kami’en.

Di belantara yang lain, apa pun dilakukan Jacob demi untuk mengembalikan kulit manusia Will yang telah ditumbuhi petak-petak batu giok. Bersama Gadis Rubah yang setia dan Clara kekasih Will, Jacob berburu obat penawar untuk kesembuhan Will. Sebesar upaya bangsa Goyl memiliki Will, lebih besar lagi usaha Jacob menyembuhkan Will. Berawal dari sini, petualangan mendebarkan dan mengerikan itu pun dimulai.

Reckless, meskipun tokoh yang diangkat dalam novel ini hampir sebagian besarnya dipinjam dari negeri dongeng, tetapi Cornelia tidak hanya menghadirkan mereka untuk sekadar ada. Tokoh-tokoh itu hidup di dalam cerita, nyata, dan sukses memainkan peran dengan sangat memesona. Sebut saja si Penjahit. Bagaimana pembaca dibuat ngeri sekaligus tegang saat bilah-bilah jemari sang penghuni hutan terlarang itu menyabet dan menyayat kulit Jake. Atau si Lolerai, duyung dengan tampang paling menjijikkan dengan gigi-gigi runcing yang ahli menghipnotis sebelum mencabik dan mengoyak daging korban. It was scary but amazing.

Kejutan itu ada di setiap bab, bertubi, memaksamu tetap terjaga dan waspada. Mencekam, membuat kuduk meradang, sesekali kamu akan menahan napas, gemas, marah, terkadang pasrah. Namun di bagian lain kamu juga akan dibuat terpaku, terenyuh, tersipu, sesak karena kasih sayang yang begitu dalam dan pengorbanan yang tiada batas.

Dan yeah, jika kamu mencari ending cerita yang happily ever after, sorry Bre, this one is not for you. But eits, tunggu dulu … novel ini seri pertama lohyaa so don’t be sad about Jacob. Masih ada tiga seri lanjutan dengan karakter tokoh yang kuat memikat, petualangan baru dijamin seru dan alurnya yang hit and run bakal bikin jantungmu ‘kocoklepas’ keterlaluan. Kekekekek.

Selamat bertualang!

*) Penulis merupakan mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah IAI Cirebon & anggota Sahabat Literasi IAI Cirebon

Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *