Solusi Mengatasi Demotivasi Siswa di Masa Pembelajaran Daring

Oleh Yayuk Kurniawati, S.Pd., M.Pd., Guru MAN Kota Batu

Rumah Baca – Salah satu keluhan yang dirasakan oleh para guru berkaitan dengan pembelajaran daring adalah menghadapi menurunnya motivasi belajar pada siswa atau demotivasi pada siswa. Demotivasi siswa ditandai dengan fenomena siswa jarang mengikuti kegiatan pembelajaran daring dan sering tidak mengumpulkan tugas yang diberikan. Hal tersebut terkadang memicu stres dan terkadang sedikit emosi dari kita para guru.

Untuk menyikapi permasalahan tersebut diperlukan sebuah pemikiran dan solusi yang cukup bijaksana dari kita para guru, khususnya dalam meningkatkan motivasi siswa agar tetap semangat belajar meskipun dari jarak jauh. Berikut ada dua hal yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan dan bisa jadi sebagian guru sudah melakukan dalam rangka meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, khususnya di masa pandemi ini.

Kesan pertama sungguh menggoda

Dikutip dari laman tirto.id yang melansir sebuah penelitan yang dilakukan oleh Veywellmind, menunjukkan bahwa kesan pertama bisa mempengaruhi bagaimana siswa memandang guru. Kehangatan dan kerahaman guru di pertemuan awal memberikan kesan baik termasuk penilaian siswa tentang mata pelajarannya.

Awal pertemuan pembelajaran bisa digunakan sebagai wadah untuk saling mengenal antar siswa dan guru dengan suasana yang tidak formal. Hindari terburu-buru untuk menyampaikan materi apalagi endingnya “kerjakan tugas!”
Kegiatan ini bisa kita lakukan melalui Google Meet, Zoom meeting atau video call group lewat WhatsApp. Pada kesempatan pertama ini juga bisa kita gunakan untuk meminta siswa menyampaikan harapan dan target yang ingin dicapai berkaitan dengan mata pelajaran tersebut.

Selain itu, siswa juga bisa menyampaikan saran terkait bentuk kegiatan dan tugas pembelajaran yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut. Dengan demikian, para siswa akan merasa terlibat aktif, sehingga bisa meningkatkan rasa tanggung jawab dan motivasi dalam belajar.

Istikamah membangun komunikasi

Dengan terus membangun komunikasi akan memberikan kesan kepada siswa bahwa mereka diperhatikan dan dibutuhkan oleh guru. Jika kita menemukan ada beberapa siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran daring hendaknya tidak hanya dicatat dan dilaporkan kepada petugas piket. Namun, kita bisa chat pribadi atau telpon siswa tersebut, berkonsultasi dengan orang tua atau wali kelas siswa tersebut. Bahkan, jika diperlukan dan sangat urgen kita bisa melakukan home visit, sehingga diketahui penyebab sebenarnya, kemudian memberikan solusi atas permasalahan yang sebenarnya dihadapi oleh siswa tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zumrotul Aini, mahasiswa IAIN Curup tentang pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 18 Rejan Lebong menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi guru dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tentunya kita sebagai pendidik tidak akan hanya tinggal diam jika mengetahui siswa kita kurang termotivasi dalam belajar. Berbagai upaya akan kita lakukan. Tetapi yang paling penting adalah membuang jauh-jauh rasa panik dan stres ketika menghadapi siswa yang sangat kurang termotivasi. Duduk, tenang, relaks, sambil sesekali tarik nafas dalam-dalam dan mencoba melakukan aktivitas positif lain. Yakinlah, akan selalu ada solusi atas setiap permasalahan.

Bagikan tulisan ke:

Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

You may also like...

7 Responses

  1. Yayuk Kurniawati says:

    Terimakasih pak Masyhari atas koreksi dan kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bisa berlatih menulis serta menyampaikan ide saya pada Rumah Baca.id

  2. Yudha Kusumawati says:

    MashaAllah…super sekali tipsnya Bu guru, salam kenal dan siap untuk dicoba

  3. Rini Waraswati says:

    Makasih Bu Yayuk, sebenarnya sudah mempraktikkan, cuman mungkin ada benarnya jika harus Istiqomah berkomunikasi. Smg saya pribadi bisa memperbaiki diri di ajaran baru mendatang…
    Mksh atas inspirasinya..

  4. syaukah says:

    masya allah, bagus tulisan nya bu guru yayuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RumahBaca.id