RumahBaca.idMinggu (07/03) pagi digelar acara launching (peluncuran) Griya Baca Alima, sebuah taman baca masyarakat (TBM) yang beralamatkan di perumahan Grand Imperium Blok F3/5 Desa Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon.

Kegiatan tersebut bagian dari rangkaian program yang dilakukan oleh 4 orang mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) mandiri dari kampus IAI Cirebon tahun akademik 2020/2021, yaitu Eni Ratnawati, Asriyani R, Khoirunnisa dan Rae Ayunda R.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan masa pandemi, hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh masyarakat setempat, di antaranya anggota BPD Weru Kidul dan Kadus 4 Desa Weru Kidul, remaja dan anak-anak warga perumahan.

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara mahasiswa KKN dengan Griya Baca Alima dan rumahbaca.id. Demikian dikatakan oleh Asriyani, ketua panitia dalam sambutannya.

“Program ini tidak akan terlaksana tanpa dukungan dari sejumlah pihak, di antaranya Kuwu desa Weru Kidul beserta jajarannya, Badan Permusyawaratan Desa, ketua RW 07 dan warga masyarakat,” tandasnya.

“Kami berharap, dengan adanya launching ini masyarakat bisa mengambil manfaat sebaik-baiknya, dan mensupport sehingga Griya Baca akan tetap eksis dan istikamah.” harapnya.

Adapun terkait dengan tujuan didirikannya Griya Baca Alima yaitu untuk mengimbangi geliat modernisasi yang semakin pesat. Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Eni Ratnawati, selaku tim sukses pendirian Griya Baca tersebut.

“Anak-anak sekarang ini lebih dekat dengan hape dan gadget ketimbang buku dan aktifitas sosial. Banyak orang tua yang mengkhawatirkan anak-anaknya. Apa lagi, di tengah belajar daring masa pandemi ini, anak-anak sulit dikontrol dan diatur jadwalnya,” ungkap mahasiswi yang juga pegiat literasi kampus IAI Cirebon ini.

Selain itu, lanjut Eni, tujuan didirikannya Griya Baca ini sebagai sarana alternatif untuk menyalurkan minat, bakat, kreatifitas dan imajinasi anak.

“Program Griya Baca Alima untuk sementara ini adalah pendampingan anak, pelatihan menulis, mading dan event penulisan yang dalam realisasinya nanti akan diadakan lomba-lomba baik lomba menulis cerita, mendongeng, membaca puisi juga menggambar dan mewarnai, sesuai dengan jenjang usia dan minat anak-anak.” terangnya.

Sementara itu, Masyhari, tuan rumah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para mahasiswa KKN yang telah menginisiasi kegiatan peresmian taman baca. Dia juga berterima kasih kepada tokoh dan warga masyarakat yang mendukung terlaksannya acara tersebut.

“Griya Baca Alima ini terbuka untuk warga masyarakat secara umum. Semoga warga masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja, berkenan berkunjung ke rumah baca ini untuk sekadar baca buku, belajar menulis, atau mengikuti program kegiatan lain yang diadakan di Griya Baca,” ungkapnya.

Bapak Arifin yang hadir saat itu, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas peresmian Griya Baca Alima di perumahan.

“Saya ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada tuan rumah, Bapak Masyhari yang telah menggagas berdirinya Griya Baca di Perumahan Weru Permai-Grand Imperium. Saya berharap agar anak-anak dan generasi muda dapat mengambil manfaat sebaik-baiknya dari fasilitas yang ditawarkan oleh Griya Baca.” lanjut anggota BPD Weru Kidul tersebut.

Acara ditutup dengan doa, dilanjutkan dengan bincang santai, baca dongeng dan puisi oleh mahasiswa peserta KKN dan undangan, membuat acara semakin meriah.[ER/Mhr]

Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *