Oleh Ayi Bachtiar Maksum*)

RumahBaca.id – Wabah Covid-19 sudah hampir setahun menjangkiti dunia, menimbulkan perubahan yang signifikan. Ia telah mengubah semua sendi kehidupan. Penularan virus yang cepat membuat pemerintah memberlakukan peraturan baru yang mengharuskan masyarakat beraktivitas di rumah. Akhirnya, semua aktivitas dilakukan secara online.

Dunia pendikan dan ekonomi berubah. Aktifitas belajar dan berbisnis yang biasanya dilaksanakan di gedung sekolah, kantor dan gedung lainnya, kini dialihkan ke online (daring) mengandalkan gadget dengan koneksi internet.

Perkuliahan online tampaknya lebih praktis. Apalagi sebagian besar mahasiswa zaman sekarang sudah terbiasa menggunakan teknologi digital. Kuliah daring di masa pandemi Covid-19 ini adalah cara yang dianggap paling tepat mahasiswa. Kegiatan perkuliahan daring bisa dilakukan melalui berbagai aplikasi seperti WhatsApp Group, Google Classroom, Zoom Meeting, Google Meet, dan lain sebagainya.

Kontak sosial yang mendadak dibatasi membuat beberapa orang cepat bosan dan mulai tertekan karena tak bisa bertemu dengan teman serta kerabat keluarga. Akibatnya, mereka mengalami kesulitan mengikuti perkuliahan online, seperti sulitnya memahami materi yang disampaikan oleh dosen.

Di sisi lain, kita belum bisa beraktivitas seperti semula karena kasus penularan yang tak kunjung reda. Untuk menjaga optimisme berkuliah dan semangat supaya tak cepat redup, ada dua resep dapat dilakukan untuk memaksimalkan kuliah di masa pandemi, yaitu:

1. Mencari spot suasana nyaman
Kamar adalah solusi tempat terbilang paling nyaman atau bisa menjadi alternatif pertama untuk melakukan sejumlah aktivitas daring. Sebelum memulai sesi perkuliahan sebaiknya pilih sudut kamar di rumah untuk memudahkan proses perkuliahan. Siapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan, untuk menjaga konsentrasi hingga sesi perkuliahan selesai.

2. Bersiap-siap seperti berangkat ke kampus
Perkuliahan sekarang dilaksanakan secara virtual memakai platform seperti Zoom, Skype dan Google Meeting. Meskipun tidak perlu pergi keluar seperti berangkat ke kampus, mandi, sarapan dan mengenakan pakaian yang sopan membuat kalian terlihat rapi di kelas virtual dan membuat suasana hati lebih baik dan tubuh segar untuk memulai perkuliahan daring.

3. Perhatikan koneksi internet

Yang tidak kalah penting kedua hal di atas yaitu memastikan koneksi internet stabil saat kita sedang mengikuti perkuliahan daring. Pilihlah privider internet yang paling kuat jaringannya sesuai dengan lokasi tematmu berada. Bila menggunakan paket kuota, pastikan data internet masih cukup. Bila dana cukup, kamu memasang jaringan internet di rumah semisal Telkom indihome, First Media, atau sejenisnya bisa jadi alternatif, agara koneksi internetmu lebih lancar.

Selain memperhatikan tips tersebut, kita juga harus memperhatikan kondisi kesehatan supaya tetap prima. Ada sejumlah resep agar kesehatan mental dan fisik kita tetap prima saat beraktivitas selama masa pandemi, antara lain yaitu mengonsumsi makanan bergizi, tetap melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, bijaksana dalam memilih informasi dan berita-berita, serta istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat.[]

*) Penulis adalah mahasiswa Prodi Hukum Keluarga IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *