0 0
Read Time:3 Minute, 0 Second

Malam ini (21/03/2021) aku buka youtube studio di channel Kang Masyhari, tepatnya di kolom Monetisasi. Eh, ternyata kanal ini sudah penuhi dua syarat utama, yaitu minimal 1K (seribu) subscribers dan 4K (empat ribu) jam tayang. Terpantau jumlah subscriber hingga saat ini tembus 1,331 dan 4,044 jumlah jam tayang.

Makanya, di sana ada tulisan berwarna putih dengan background biru: APPLY NOW. Waduh, aslinya aku gak pintar bahasa Enggres. Eh, tapi bahasa leptopku pakai Inggris.

Itu ternyata tawaran dari Google alias lebih spesifiknya dari Youtube untuk bisa ajukan monetisasi.

Emang, angka segitu belum seberapa sih, pencapaian yang masih minimalis sih. Tapi itu juga sudah melalui perjuangan yang berdarah-darah cukup panjang dan tentunya modal waktu, serta kuota tentunya. Eits, tapi sejak beberapa bulan belakangan aku putuskan untuk pasang indihome punya Telkom. Karena beberapa provider berbasis hanphone gak cocok dengan lokasi tempat tinggal. Jaringan internet yang gak stabil, alias low. Padahal aku harus ngajar online, unggah video, belajar via internet dan banyak juga webinar berseliweran.

Karena itu, aku ucapkan terima kasih buat para sahabat semua, khususnya para subscriber dan viwers channel Youtube Kang Masyhari atas dukungan kalian semua, mulai dari doa, like, komentar, nonton hingga share. Terima kasih yang setia nonton video-videoku selama ini. Tanpa kalian, channel Kang Masyhari bukan apa-apa.

Kali ini aku minta lagi kiriman doa, biar sukses monetisasi dan selalu istikamah unggah video positif dan inspiratif.

Oh ya, maaf ya, kalau selama ini video-video yang ada masih ala kadarnya. Maklum, cuma modal nekat alias Mbonek bin autodidak. Gak bisa dan belum sempat belajar editing video. Oh ya, ntar kalau ada iklan, jangan diskip ya gaes. wkwk

Ini bikin video saja kucing-kucingan alias nyuri-nyuri waktu. Maklum, kita kan pasmud. Apa tuh? Ya, pasangan muda, tapi punya anak lima. Yang 3 masih balita. Makanya, sempat bikin video saja sudah bersyukur banget, alhamdulillah.

Apa lagi, kan aku juga sibuk kelola website juga. Mau tahu alamat domainnya? Nih, aku kasih tahu, tapi syaratnya dibaca atau minimal diklik yang banyak ya.. wkwk. Alamat domainnya Rumah Baca . Web ini aku kelola secara autodidak juga. Hanya modal nekat juga. Hingga kini belum punya tim kreatif.

Mimpiku, ke depan punya tim yang bisa bergabung dan berkolaborasi memajukan website Rumah Baca ini. Baik dalam segi desain webnya ataupun produsen tulisan atau kontennya.

Nah, kembali ke soal konten youtube. Intinya, yang penting banyakin aja uploud video, kuantitas istilahnya. Soal kualitas, maklumin aja yah..wkwk, sambil jalan gitu.

Oh ya, sampai lupa. Terima kasih khusus buat Mas Abrohul Isnaini (Rohul) yang pertama kali ngasih ide agar aku unggah video di Youtube. Sebelumnya kan hanya via live di fb.

Mas Rohul ini yang pertama kali kasih support dengan meyakinkanku bahwa performaku dalam video live fb yang ditontonnya udah cukup pantas lah buat ditampilin di youtube. Akhirnya, aku pun makin pede uploud..wkwk

Eh, ternyata malah keterusan. Karena pandemi, aku pun makin semangat bikin konten video buat ngajar di kelas.

Dan, terima kasih juga buat istri dan anak-anak yang senantiasa sabar memberi kesempatan bagi ayahnya untuk duduk sejenak atau lebih seringnya berlama-lama di depan leptop untuk bikin konten video, atau editing tulisan di website.

Udah gitu kan di kampus aku tuh “pejabat” tau… Cieeeh, pejabat… Bahkan malah rangkap banyak jabatan. Selain jadi pembina UKM Literasi (SLI), juga dapat amanah jadi ketua 2 prodi sekaligus.. Aih, kemaruk pisan euy. Begini gaeees. Kalau aku tuh, yang namanya jabatan jangan minta atau nyari. Tapi kalau diberi amanah, selagi masih bisa dan kuat, jangan ditolak. Jalani saja. Pokoknya, padet banget lah… “Gaya men, cah siji iki”.

Ya, untungnya sih, kerjaannya kebanyakan masih from home. Maklum, masa pandemi.[]

About Post Author

Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RumahBaca.id