Jajaran pengurus ICMI Muda Kabupaten Indramayu

Reporter: Siti Al Asaroh | Editor: Masyhari

Indramayu – Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Muda Kabupaten Indramayu masa khidmat 2021-2026 telah resmi dilantik. Prosesi pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula Universitas Wiralodra pada Minggu (31/10).

Prosesi Pelantikan ini menggagas tema “Menanam nilai-nilai cendikiawan muslim sebagai katalisator kemajuan daerah.” Dengan tema ini harapan besar cendikiawan muslim mampu menjadi agen kemajuan daerah, dan menjadi garda terdepan untuk sebuah kemajuan.

Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua MPW ICMI Muda Provinsi Jawa Barat Cucu Sukmana, didampingi Ardianto Bahtiar selaku sekertaris. 

Cucu Sukmana dalam sambutannya menegaskan bahwa untuk menyampaikan apresiasi tidak harus dengan berdemo. Menurutnya, kita harus mampu melakukan dengan cara yang lebih akademis, elegan dan bijaksana saat mengkritisi berbagai persoalan.

“Kita ikatan cendekia. Kami tidak akan berdemo dalam menyampaikan aspirasi. Kita mengkritisi dengan setajam-tajamnya melalui media dengan bermodalkan intelektualitas,” ucapnya.

Ahmad Syudali, kepala Dinas Perizinan mewakili Bupati Indramayu, dalam sambutannya, berharap besar kepada ICMI Indramayu agar para cendikiawan muslim Indonesia ini mampu memberikan kontribusi pemikiran yang mampu mengubah sistem dan regulasi.

“Kami berharap para kaum intelektual muda ini jangan sampai bekerja hanya tergantung pada sistem dan regulasi, tetapi memberikan aspirasi pemikiran yang dapat mengubah sistem dan regulasi, memberikan inovasi-inovasi baru berkaitan dengan intelektualistas muslim di Indramayu,” tuturnya.

Sementara itu, ketua ICMI Kabupaten Indramayu Didik Himmawan dalam sambutannya mengatakan bahwa ICMI Indramayu harus mampu memberi warna khusus dalam pemberdayaan masyarakat.

“Kita akan berikan warna khusus dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dan keumatan. Masukan dan pendapat bernuansa intelektual, pemikiran yang kritis dan tajam,” ujarnya.

Lebih lanjut Didik mengatakan bahwa pengurus ICMI muda Indramayu ke depan akan selalu sigap menyikapi isu strategis, berita yang hangat dengan banyak melakukan kajian dan Forum Group Discussion (FGD).

Prosesi pelantikan ini juga diisi dengan deklarasi anti kekerasan seksual yang ditandatangani oleh suluruh pengurus dan tamu undangan.

Prosesi pelantikan ini, selain dihadiri oleh ketua MPC ICMI muda Jabar dan sekretaris, juga oleh Rektor Unwir, Drs. A djahidin, Hilal hilmawan Anggota DPRD provinsi Jawa Barat, Prasongko ketua Majelis Pemuda Indonesia Kabupaten Indramayu, Ahmad Syadili kepala Dinas Perizinan Kab Indramayu, Kodim Abdullah mantan ketua KNPI, Harto Prayitno mantan ketua KNPI, Ahmad Khotibul Umam mantan ketua KPU Indramayu dan sejumlah tamu undangan lainnya.[]

Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *