Tim dari TBM Hikayat

RumahBaca.id – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Hikayat Babakan Losarilor Pabedilan berhasil meraih juara ketiga dalam sebuah kegiatan lomba lintas alam yang digelar oleh Wipala Resceu Indonesia di Winduaji Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah.

Kegiatan yang digelar pada Minggu (26/09/2021) tersebut dalam rangka memperingati World Cleanup Day atau hari aksi bersih-bersih sedunia. Hal tersebut sebagaimana dituturkan oleh Aceng Jaenal, ketua TBM Hikayat kepada rumahbaca.id.

“Kegiatan ini diikuti oleh 65 tim. Alhamdulillah, kami bisa ikut berpartisipasi. Perwakilan dari Cirebon hanya satu tim, yaitu dari TBM Hikayat,” tutur Aceng.

Lebih lanjut Aceng menjelaskan bahwa TBM Hikayat berhasil meraih juara ketiga dalam kategori umum, dengan kategori perolehan terjauh.

Tujuan TBM Hikayat mengikuti kegiatan lomba lintas alam tersebut, menurut Aceng, sebagai sarana edukasi literasi tentang alam kepada para anggotanya.

“Agar timbul kesadaran dalam diri kita untuk merawat dan menjaga alam untuk kehidupan kita,” sambungnya.

Selain lomba lintas alam, dalam kesempatan tersebut para peserta juga diajak melakukan giat bersih-bersih sampah, mulai dari susur sungai hingga pungut sampah di lingkungan pedesaan.

Literasi lingkungan adalah kemampuan individu dalam memahami dan menafsirkan kondisi lingkungan. Menurut Aceng, melalui pemahaman dan penafsiran tersebut, seseorang dapat memutuskan tindakan yang tepat dalam mempertahankan, memulihkan serta meningkatkan kondisi lingkungan. 

“Semoga generasi muda kita mampu memahami, merawat dan menjaga lingkungan sekitar kita, agar terwujud lingkungan yang asri dan bersih, dan dampaknya akan lebih positif lagi,” harapnya menutup perbincangan.

Reporter: Masyhari

Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *