GEGESIK – Pimpinan Anak Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon Masa Khidmat 2018-2021 Minggu siang (02/01/2022) telah menyelenggarakan kegiatan Konferensi Anak Cabang (Konferancab) di gedung Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Assalafie Al Muhajirin Gegesik Kidul Kecamatan Gegesik.

Konferancab yang mengusung tema “Memperkuat Integritas dan Membangun Kolaborasi bersama Menuju Profesionalisme Sarjana NU” ini dihadiri oleh ketua PC ISNU Kabupaten Cirebon, H Abdul Muiz Syaerozie, S.Th.I, M.H.I didampingi sekretaris, Masyhari, M.H.I. Hadir pula ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Gegesik, Kiai Agus Ahmad Kholis didampingi wakilnya, Kiai Burham, S.Pd, jajaran pengurus dan anggota PAC ISNU Kecamatan Gegesik, serta pengurus Badan Otonom di lingkungan MWC NU Kecamatan Gegesik.

Dalam sambutannya, Kiai Burham, mewakili ketua MWC NU Kecamatan Gegesik berharap agar Konferancab ISNU Gegesik kali ini bisa membawa perubahan yang besar dan signifikan dalam menyukseskan agenda dan cita-cita Nahdlatul Ulama menjelang satu abad ini.

“Konferensi ISNU kali ini diharapkan bisa melahirkan kader-kader sarjana NU yang benar-benar fokus mengurusi dan menghidupkan NU, sehingga bisa diakui sebagai santri Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari,” terang Kiai Burham.

Sementara itu, Ketua PC ISNU Kabupaten Cirebon, H Abdul Muiz Syaerozie menegaskan peran penting sebuah sistem organisasi kegiatan. Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Sayyidina Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah, bahwa “Al-haqqu bila nizhamin yaghlibuhul bathil binizhamin“, yang artinya, kebenaran yang tidak diorganisir akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir.

Selain itu, pria yang akrab disapa Kang Muiz tersebut menyampaikan apresiasi kepada segenap pengurus PAC ISNU Kecamatan Gegesik masa khidmat 2018-2021 atas pengabdian dan kinerja aktifnya selama ini.

“Sehingga, pantas bila PC ISNU Kabupaten Cirebon merekomendasikan PAC ISNU Kecamatan Gegesik ini menjadi role model atau percontohan bagi PAC ISNU se-Indonesia,” terangnya.

Lebih lanjut, Kang Muiz tersebut memberikan sejumlah alasan mengapa PAC ISNU Gegesik, selain kecamatan Dukupuntang, layak mendapatkan apresiasi sebegitu besarnya.

“Indikator pertama yaitu dalam segi keaktifan melaksanakan program kegiatan yang langsung bisa dirasakan oleh keluarga besar NU di Kecamatan Gegesik khususnya, dan umumnya masyarakat Gegesik, sekadar contoh misalnya aktif melakukan kegiatan bhakti sosial, edukasi dan vaksinasi dalam rangka meminimalisir dampak pandemi Covid-19 yang bekerjasama dengan pihak terkait,” imbuhnya.

Indikator lainnya, lanjut Kang Muiz, yaitu PAC ISNU Kecamatan Gegesik juga telah menjadi inspirasi dan motor penggerak bagi kegiatan NU di wilayah Kecamatan Gegesik.

“Ke depan, saya berharap, PAC ISNU Gegesik khususnya dan PAC ISNU lainnya, harus bisa konsisten dalam memainkan peran kesarjanaannya dan siap menjalankan secara teknis setiap kebijakan, amanat dan istruksi pengurus Majelis Wakil Cabang NU di Kecamatan,” tutupnya.

Dalam kesempatan Konferancab tersebut juga dilaksanakan agenda laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus PAC ISNU Gegesik masa khidmat 2018-2021, dan dilanjutkan pemilihan ketua PAC ISNU masa khidmat 2022-2025.

Berdasarkan pemaparan LPJ yang disampaikan oleh Dadan Hamdan, sekretaris PAC ISNU Gegesik, selama periode kepengurusan PAC telah melaksanakan setidaknya 6 (enam) program utama, yaitu penertiban administrasi keanggotaan sarjana NU, penanggulangan bencana, ngopi bareng yang berisi diskusi persoalan sosial kemasyarakatan, penguatan jaringan dan kolaborasi lintas Banom NU, publikasi kegiatan melalui media sosial, jamiyah rutin shalawat Al-Fatih, dan lain sebagainya.

Dalam sidang pleno yang dipimpin oleh sekretaris PC ISNU Kabupaten Cirebon tersebut, seluruh peserta sidang menerima LPJ pengurus PAC ISNU Gegesik masa khidmat 2018-2021 dan berharap program-program yang belum berjalan karena berbagai kendala bisa dijalankan dalam pengurusan periode selanjutnya secara lebih maksimal.

Para peserta sidang secara aklamasi sepakat memilih kembali Sahabat Muhammad Charis Saputra, S.Kom., S.Pd sebagai ketua PAC ISNU Gegesik untuk masa khidmat 2022-2025.

“Mengingat keberhasilan yang telah dicapai PAC ISNU Gegesik dalam periode pertama selama dipimpin oleh Kang Charis. Apalagi, Kang Charis telah mengikuti Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) ISNU,” terang Dadan Hamdan, S,Pd.I yang diafirmasi oleh seluruh peserta sidang yang hadir.[Masyhari]

Sumber: Sarjana.nucirebon.or.id

Bagikan tulisan ke:
2 thoughts on “ISNU Kecamatan Gegesik Sukses Selenggarakan Konferensi Anak Cabang”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RumahBaca.id