2 0
Read Time:36 Second

Oleh A. Rusdiana

Jum’at, 29 Juli 2020 materi khubah saya dirilis di MO ekpos.com dengan judul Spirit Tahun Baru Islam 1444 H: Mendorong Melakukan Perubahan. Maksud saya bahwa spirit hijrah dalam memasuki tahun baru hijriah ini  mendorong untuk bersemangat melakukan perubahan.

Hemat saya hal itu, sesuai Firman Allah SWT yang artinya, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri” (QS. Ar-Rad: [13]:11). Ayat di atas merupakan sebuah petunjuk yang sangat jelas dari Allah SWT, bahwa suatu perubahan harus dimulai dari diri kita sendiri. Perubahan yang dimaksud ialah perubahan menuju arah kebaikan, bukan malah sebaliknya perubahan ke arah keburukan. Jadi saya pikir  itu menjadi penting untuk memaknai perubahan.

Baca: Ekpos.com

Berubah untuk menjadi baik memang bukanlah hal yang mudah. Ayat di atas dilanjutkan dengan ayat berikutnya, di mana Allah berfirman, Artinya, “Dan tahukah kamu apakah jalan yang mendaki dan sukar itu? (yaitu) melepaskan perbudakan (hamba sahaya), atau memberi makan pada hari terjadi kelaparan, (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat, atau orang miskin yang sangat fakir. Kemudian dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.” (QS. Al-Balad [90]:11-17).

Dari ayat tersebut, jelas bahwa sebuah perubahan perlu sebuah perjuangan yang tidak mudah. Jika kita mengenang bagaimana Rasulullah SAW dan para sahabat hijrah dari Mekkah ke Madinah, kita tentu akan menyadari betapa beratnya perjuangan beliau dalam memperjuangkan agama Islam ini.”

Salah satu cara untuk mendapatkan motivasi dalam diri adalah dengan membaca kisah inspiratif orang lain, atau mengikuti langkah orang-orang yang ikhlas, seperti diperintahkan Allah SWT: “Ikutilah orang yang tiada minta balasan kepadamu; dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Yasin [36]: 21).

Cerita-cerita tersebut bisa dibilang hanya dimiliki oleh segelintir orang. Namun jika kalian memiliki sukses dengan cara yang benar dan mampu menjadi salah satu orang yang dapat memberikan inspirasi pada lingkungan sekitar bahkan dunia.

Maka kisah yang anda miliki akan mampu digunakan untuk contoh orang lain. Mencapai sukses memang butuh waktu bahkan penuh akan perjuangan. Menghargai setiap proses, sabar dan juga pantang menyerah adalah beberapa kunci untuk bisa sukses. Namun tak semua orang mampu memiliki beberapa kunci tersebut. Maka dari itu sebaiknya tanamkan pikiran positif jika sukses memang perlu kerja keras, sabar dan juga pantang menyerah.

Lupakan itu, yu kita sejenak menengok hal perubahan dari “Kisah inspiratif: Cerita kehidupan”. Agar Kita akan semakin paham apa saja kisah inspirasi milik orang lain yang bisa dijadikan sebagai motivasi dan semangat hidup. Ada enam Kisah Inspiratif selanjutnya….. (1) Penuh Kerja Keras dan Pantang Menyerah (2) Sebuah Lompatan Yang Mengubah Segalanya (3) Buah Kebaikan (4) Jangan Buang Waktumu Untuk Mengeluh (5) Celah Kecil Pada Kepompong Kupu-kupu (6) Belajar Dari Lubang Paku. Karena keterbatasan kali ini kita tengok yang pertama saja dulu:

Pertama: Penuh Kerja Keras Dan Pantang Menyerah

Cerita yang pertama berasal dari restoran makanan cepat saji yang sampai saat ini mudah kalian temukan yaitu KFC. Di balik keberhasilan KFC hingga saat ini tersimpan sebuah cerita yang bisa menjadi inspirasi kita semua. Restoran makanan cepat saji seperti KFC tidak akan muncul jika saja kolonel Sanders menyerah dalam hidupnya. Ya kolonel Sanders adalah orang yang menemukan resep renyah ayam goreng milik KFC yang sampai saat ini bisa kalian nikmati dengan mudah.

Pada tahun 1955 ada seorang purnawirawan tentara yang hidup dengan uang pensiunannya. Namun dengan uang pensiunan yang didapatkan oleh kolonel Sanders tersebut tidak akan cukup untuk kehidupannya sehari-hari. Kolonel Sanders mulai berfikir apakah ada suatu hal yang bisa dijual tanpa mengeluarkan modal kecil bahkan terbilang gratis. Lalu teman kolonel Sanders berkata jika dirinya memiliki sebuah resep ayam goreng yang begitu lezat ketika dinikmati. Lalu kolonel Sanders mengambil langkah awalnya dengan meninggalkan rumahnya dan mulai menawarkan resep yang ia miliki. Dalam perjalanan usaha menawarkan resep ayam goreng yang dimiliki oleh kolonel Sanders tak selalu memiliki kemudahan tanpa hambatan.

Banyak restoran yang menolaknya, bahkan ada sekitar 1009 restoran menolah resep ayam goreng milik kolonel Sanders. Banyak pemilik restoran memberikan komentar pedas terhadap kolonel Sanders terkait dengan resep yang dimilikinya.

Mereka berkomentar jika resep kolonel Sanders mudah dibuat seperti mencampurkan ayam dengan tepung dan garam. Para pemilik restoran yang menolak resep ayam goreng milik kolonel Sanders juga berkata jika ayam goreng bisa dibuat oleh semua orang.

Meski mendapatkan penolakan demi penolakan tak membuat kolonel Sanders menyerah begitu saja sehingga ada satu restoran memberinya kesempatan. Mulai saat itulah ayam goreng milik kolonel Sanders lebih dikenal luas bahkan hingga saat ini.

Pesan dari kisah kolonel Sanders adalah pantang menyerah dan sealu berusaha penuh keyakinan adalah kunci. Semua akan ada jalan jika kita berusaha, pantang menyerah, yakin dan berdoa. Namun semua akan berhenti tak akan ada jalan jika kita menyerah terhadap keadaan.

Kegigihan kolonel Sanders patut diacungi jempol. Meskipun tidak terlahir dari keluarga pebisnis, atau memiliki keahlian bisnis. Dengan semangat dan strategi yang tepat maka KFC bisa besar seperti ini. Tips untuk jadi gila namun menuai kesuksesan ini bisa Grameds intip di “Bego tapi Bejo Buku Gila Sukses Usaha Tanpa Ijazah” yang memaparkan tips perencanaan bisnis hingga membuat lembar SOP untuk karyawan. Wallahu A’lam Bishowab

Ikuti kisah selanjutnya

Penulis:

Ahmad Rusdiana, Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Peneliti PerguruanTinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) sejak tahun 2010 sampai sekarang. Pendiri dan Pembina Yayasan Sosial Dana Pendidikan Al-Misbah Cipadung-Bandung yang mengem-bangkan pendidikan Diniah, RA, MI, dan MTs, sejak tahun 1984, serta garapan khusus Bina Desa, melalui Yayasan Pengembangan Swadaya Masyarakat Tresna Bhakti, yang didirikannya sejak tahun 1994 dan sekaligus sebagai Pendiri/Ketua Yayasan, kegiatannya pembinaan dan pengembangan asrama mahasiswa pada setiap tahunnya tidak kurang dari 50 mahasiswa di Asrama Tresna Bhakti Cibiru Bandung. Membina dan mengembangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TK-TPA-Paket A-B-C. Rumah Baca Masyarakat Tresna Bhakti sejak tahun 2007 di Desa Cinyasag Kecamatan. Panawangan Kabupaten. Ciamis. Karya Lengkap sd. Tahun 2022 dapat di akses melalui: (1) http://digilib.uinsgd.ac.id/view/creators. (2) https://www.google.com/search?q=buku +a.rusdiana+ shopee&source (3) https://play.google.com/  store/ books/ author?id.

About Post Author

Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RumahBaca.id