Oleh A. Rusdiana, Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Disadari atau tidak, ketika memulai bisnis atau usaha apa pun bentuknya, mungkin yang terpikirkan adalah bekerja sendiri, karena menganggap pihak lain merupakan kompetitor yang berusaha untuk menyaingi apapun yang Anda atau kita buat. Padahal kolaborasi dapat membantu menumbuhkan bisnis serta menciptakan ikatan dengan pemilik bisnis yang serupa. Apa pun yang berhasil diciptakan oleh kompetitor akan menimbulkan kegelisahan. Ternyata pemikiran seperti ini justru lebih menyulitkan bisnis.

Selain itu bekerja sendiri juga akan membatasi kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Padahal ketika mengalami kesulitan, sangat wajar jika meminta saran dan bantuan kepada pihak lain. Untuk mendapatkannya perlu melakukan kolaborasi. Bukankah manusia diciptakan untuk li ta’arafu, saling mengenal? Mengutip ayat Al Qur’an; “…. Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal….”. (QS.Al Hujurat [49]:13).

Dalam konteks ini, Glints (2012) melengkapi 3 alasan Fendt (2010), ”mengapa kolaborasi bisnis sebaiknya dilakukan”?

Untuk itu, Glints (2012), mengidentifikasi sedikitnya ada 7 (tujuh) alasan mengapa perlu melakukan kolaborasi bisnis dengan pihak lainnya.

Pertama: Anda Tidak Bisa Melakukan Semua Sendirian

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pemikiran melakukan seluruhnya sendiri justru akan menyulitkan karena memang tidak bisa melakukan semuanya sendirian (disebut manajemen tukang cukur). Jika bisnis/lembaga yang Anda pimpin ingin berkembang, Anda akan sampai pada titik di mana semua ursan membutuhkan pihak lain untuk diajak berkolaborasi.

Kedua: Membangun Jaringan

Pimpinan organisasi apa pun, sebagai pemilik bisnis yang sukses akan sangat suka bertemu orang baru dan menambah daftar kontak kolega. Pergilah keluar, lakukan kolaborasi dan temukan rekan-rekan baru. Tetap lakukan hal ini meskipun hubungan yang dibangun tidak/belum menghasilkan kolaborasi secara langsung. Karena setiap kali menjangkau pihak baru, artinya telah memperluas jaringan. Usaha ini akan sangat membantu memiliki pemahaman yang lebih luas mengenai bidang-bidang lain yang akan menjadi referensi untuk pengambilan keputusan dan kegiatan bisnis sehari-hari.

Ketiga: Menginspirasi dan Memberi Pelajaran

Ketika berada di zona nyaman dengan penawaran yang terus berjalan memang terasa menyenangkan. Namun hal ini kadang membuat semua lupa bahwa di luar sana ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan kinerja, teknik berbeda yang membuat kerja lebih efisien serta strategi baru yang akan menghemat biaya dan waktu. Salah satu manfaat terbesar kolaborasi adalah kesempatan untuk mendapatkan banyak inspirasi dan belajar. Karena setiap interaksi yang dilakukan dengan seseorang di luar lingkaran, dapat mengajari sesuatu yang berharga. Kolaborasi dapat menginspirasi dan membantu berpikir dengan cara baru.

Keempat: Memberikan Perubahan Positif

Hal-hal baru yang didapat dari kolaborasi terkadang menimbulkan ketidak nyamanan karena memaksa Anda untuk mengubah pola yang mungkin sudah nyaman digunakan. Akan tetapi perubahan yang dibawa biasanya merupakan perubahan positif untuk bisnis yang lebih maju. Perubahan yang membuat proses kerja lebih efisien, menghemat biaya, meningkatkan jumlah dan menambah kepuasan konsumen.

Kelima: Membuat Inovasi

Berkolaborasi dengan bisnis lain memungkinkan Anda melakukan lebih banyak lagi. Penting untuk mengambil risiko dalam menjalankan bisnis, dan kolaborasi akan memberikan ruang serta keberanian untuk untuk itu. Pengambilan risiko ini akan mendorong untuk melakukan pembelajaran yang akan menghasilkan inovasi sehingga memungkinkan peluang yang lebih besar dan arah baru untuk masa depan.

Keenam: Pemecah Masalah

Masalah akan lebih mudah diselesaikan jika dihadapi bersama-sama. Melakukan kolaborasi akan memberikan Anda rekan yang siap membantu terutama di saat-saat terberat dalam bisnis. Anda dapat berdiskusi mengenai masa depan, mencari solusi masalah bersama dan saling mendukung ketika salah satunya berada di titik terendah. Sangat berguna melakukan kolaborasi dan mengenal orang-orang yang mengerti apa yang sedang Anda alami.

Kolaborasi Itu Menyenangkan. Semua poin di atas yang bisa Anda dapatkan secara tidak sadar terasa sangat menyenangkan. Bagaimana Anda bisa bertemu dengan orang baru, melakukan percakapan yang hebat, belajar hal baru, menemukan ide cemerlang dan lain sebagainya tentu sangat menyenangkan dan menambah semangat untuk berbisnis. Wallahu A’lam Bishawab.

Profil Penulis

A. Rusdiana, Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Peneliti Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) sejak tahun 2010 sampai sekarang. Pendiri dan Pembina Yayasan Sosial Dana Pendidikan Al-Misbah Cipadung-Bandung yang mengem-bangkan pendidikan Diniah, RA, MI, dan MTs, sejak tahun 1984, serta garapan khusus Bina Desa, melalui Yayasan Pengembangan Swadaya Masyarakat Tresna Bhakti, yang didirikannya sejak tahun 1994 dan sekaligus sebagai Pendiri/Ketua Yayasan, kegiatannya pembinaan dan pengembangan asrama mahasiswa pada setiap tahunnya tidak kurang dari 50 mahasiswa di Asrama Tresna Bhakti Cibiru Bandung. Membina dan mengembangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TK-TPA-Paket A-B-C Tresna Bhakti sejak tahun 2007 di Desa Cinyasag Kec. Panawangan Kab. Ciamis.

CV. Lengkap dapat di akses di sini.

Karya Lengkap dapat diakses di sini.

Bagikan tulisan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RumahBaca.id