0 0
Read Time:11 Minute, 2 Second

Oleh Masyhari, Ati Latifah

Latar Belakang dan Filosofi

RumahBaca.id – Setiap insan kampus, termasuk mahasiswa, terikat oleh Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga hal tersebut tentunya tidak bisa dilepaskan dengan dunia literasi; membaca, menganalisis dan menulis.

Dengan demikian, literasi merupakan hal yang esensial bagi kehidupan akademik mahasiswa di kampus. Apa lagi mengingat wahyu Allah SWT yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yaitu QS Al-Alaq ayat 1-5 berisi perintah membaca, menyiratkan pesan penting berliterasi. Karena itu, seorang mahasiswa muslim, apa lagi di kampus Islam, sudah seharusnya menjadi insan literat.

Kendatipun demikian, dalam kegiatan perkuliahan di kampus, aktivitas berliterasi belum menjadi tradisi di kalangan mahasiswa. Bahkan, tidak jarang ditemukan mahasiswa yang menyelesaikan tugas kuliah -baik berupa makalah, resensi, artikel, dan lain sebagainya- tidak sebagaimana mestinya, mereka menjiplak, copast atau terindikasi plagiat terhadap karya orang lain di internet.

Kejadian penjiplakan karya tulis di kalangan mahasiswa karena kebanyakan belum terampil menulis. Hal itu ditengarai karena kegiatan membaca, menganalisis dan menulis (berliterasi) belum membudaya di kalangan mahasiswa.

Maka dari itu, untuk membiasakan, membudayakan, dan melatih mahasiswa dalam berliterasi, didirikanlah UKM Sahabat Literasi di Institut Agama Islam Cirebon yang diperuntukkan bagi mahasiswa kampus.

Sahabat Literasi IAI Cirebon (selanjutnya disingkat SLI) merupakan komunitas yang beranggotakan para mahasiswa IAI Cirebon lintas program studi di kampus IAI Cirebon yang memiliki minat dalam bidang literasi; membaca, memahami, menulis, dan menganalisis, serta ingin menyalurkan bakat dan potensi yang dimiliki terkait dengan literasi agar berkembang secara pesat.

Tujuan Pendirian Sahabat Literasi IAI Cirebon

Komunitas ini diharapkan bisa menjadi forum pertemuan para pembelajar di bidang literasi. Para anggota saling belajar satu sama lain, saling memberi kritik konstruktif, saran dan masukan. Komunitas ini menjadi bengkel penempaan diri dan pengujian keberanian anggotanya dalam menuangkan ide dan gagasannya dalam tulisan. Komunitas ini menjadi pabrik literasi yang menghasilkan dan menerbitkan karya tulis yang berkualitas. Tidak hanya itu, melalui komunitas ini bakat-bakat penunjang literasi diharapkan juga bisa dikembangkan secara lebih maksimal, seperti penyuntingan (editing), tata letak (layout), desain grafis, marketing, edit video, pembuat video, dan lain sebagainya yang terkait dengan publikasi dan penerbitan.

Selain itu, para anggota komunitas ini diharapkan bisa menjadi pelopor, pioner dan penggerak literasi di kampus IAI Cirebon, khususnya dan umumnya di tengah-tengah masyarakat. Para anggota SLI diharapkan bisa menjadi pioner dan motor penggerak literasi di kalangan mahasiswa. Selain bergerak, juga menggerakkan.

Sekretariat Sahabat Literasi IAI Cirebon

Jika Anda ingin berkunjung ke UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon, Anda bisa langsung ke sekretariatnya yang ada di ruang Podcast SLI/Kopma di lantai 2 kampus IAI Cirebon yang beralamat di Kompleks Islamic Centre Kabupate Cirebon Jalan Tuparev No. 111 Kertawinangun, Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Selain itu, UKM Sahabat Literasi bisa dikunjungi secara online di Fb: Sahabat Literasi IAIC – SLI, IG: sahabat_literasiiaic, YouTube: Sahabat Literasi IAIC, dan website: iaicirebon.ac.id.

Logo Sahabat Literasi IAI Cirebon dan Filosofinya

Sebagai upaya meresmikan komunitas ini, para anggota merancang dan merumuskan lambang dan logo dari SLI agar selaras dengan cita-cita dan semangat komunitas SLI. Berulang kali logo dirancang melalui tangan-tangan kreatif anggotanya. Proses pembuatan logo terbilang tidak mudah, dibutuhkan ide kreatif, daya imajinasi dan citarasa seni yang tinggi. 

Pada akhirnya, tepat hari Ahad tanggal 07 Juli 2020, setelah melalui diskusi panjang dan revisi yang berulang-ulang, terciptalah sebuah logo yang disepakati bersama. Logo yang terpilih yaitu hasil kolaborasi Muhammad Hardianto (mahasiswa Prodi IAT), selaku pemilik ide dan rancangan sketsa manual dan Sanudi (mahasiswa Prodi PBA), selaku desainer versi digital.

Bentuk dasar lambang dan logo yang menjadi tanda pengenal SLI adalah bentuk bujur sangkar yang dianyam oleh pita. Bujur sangkar berarti komunitas ini mempunyai cita-cita dan semangat yang selaras dengan tata aturan hukum, budaya, dan norma yang berlaku.

Sedangkan pita yang menganyam bujur sangkar berarti bahwa komunitas ini didirikan atas dasar kesadaran, pemikiran dan kesatuan para anggotanya.

Bujur sangkar dibentuk dari kata literasi (lam-ya-ta-ra-alif-sin-ya) ليتراسي menggunakan Arab Pegon atau tulisan Jawi (tulisan Arab berbahasa rumpun Melayu), menandakan bahwa SLI menjunjung tinggi nilai-nilai luhur karya sastra Melayu klasik yang memiliki aturan ketat untuk memunculkan estetika yang dikandungnya.

Penggunaan jenis huruf Kufi Murabba’ untuk menulis kata literasi berarti SLI memiliki semangat mengasah kreatifitas anggotanya dan menghasilkan inovasi dalam berkarya. Khat Kufi merupakan jenis tulisan paling tua yang digunakan untuk menulis Mushaf al-Imam. Khat Kufi Murabba’ merupakan cabang khat Kufi, dibentuk oleh para kaligrafer kontemporer sebagai inovasi dan kreasi dari khat Kufi.

Pemilihan warna emas sebagai warna bingkai luar berarti bahwa komunitas ini menjunjung kehormatan, kemuliaan dan pengabdian. Pemilihan warna cokelat pada bingkai bagian dalam karena tujuan komunitas ini ikut berkontribusi dalam membangun nilai-nilai kemanusiaan. 

Warna hijau yang menjadi warna pita dan tulisan literasi menyiratkan makna asas-asas keislaman, melambangkan kontinuitas, kesegaran, kealamiahan dan pembaharuan. Hijau merupakan simbol harapan, pertumbuhan, kelahiran, kemakmuran, kesuburan dan dan regenerasi melalui inovasi dan produktifitas yang berkelanjutan.

Sekilas Sejarah SLI

UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon awalnya sebuah komunitas literasi yang berdiri secara virtual pada tanggal 18 Maret 2020, ditandai dengan pembuatan WhatsApp Group (WAG) Sahabat Literasi STAI Cirebon (SLS). WAG tersebut dibuat oleh Sahabat Gita Handayani, mahasiswi Prodi PAI atas permintaan dan inisiatif Masyhari, Lc., M.H.I, ketua Program Studi PAI saat itu (2020). Setelah sekolah tinggi berubah bentuk menjadi institut, nama komunitas pun diubah menyesuaikan bentuk kampus menjadi Sahabat Literasi IAI Cirebon (SLI).

Ide dan inisiatif mendirikan komunitas ini berawal dari kegelisahan atas problem besar yang terjadi di kalangan mahasiswa secara turun-temurun, yaitu maraknya plagiarisme di dalam karya tulis ilmiah. Tidak sedikit mahasiswa yang mengerjakan tugas-tugas makalah atau artikel dalam mata kuliah dengan meminjam tangan orang lain. Hal itu tidak lain disebabkan lemahnya kualitas literasi di kalangan mahasiswa. Mereka merasa tidak mampu menghasilkan karya tulis secara mandiri. Kegiatan literasi belum menjadi tradisi di kalangan mereka. Padahal, penulisan dan penelitian ilmiah merupakan bagian dari Tridharma perguruan tinggi yang tidak mungkin bisa dilepaskan dari kehidupan akademik seorang mahasiswa.

Agar komunitas berjalan secara sistematis dan terstruktur, dan program kegiatan berjalan lancar, efektif dan maksimal, diperlukan adanya seorang koordinator yang bertanggung jawab mengatur dan menyukseskan program. Maka, pada tanggal 20 April 2020 pukul 20.00 WIB dilakukan pemilihan koordinator komunitas melalui voting secara terbuka di WAG, terpilihlah Sahabat Gita Handayani sebagai koordinator pertama komunitas ini.

Demi kelancaran kegiatan komunitas literasi, disusunlah struktur kepengurusan yang disesuaikan dengan kebutuhan saat itu. Setelah itu, sejumlah pengurus ditemani Masyhari, Lc., M.H.I, selaku inisiator pembentukan komunitas menghadap Rektor IAI Cirebon.

Dalam pertemuan tersebut, Rektor menyetujui komunitas Sahabat Literasi dijadikan sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa di kampus IAI Cirebon yang bergerak di bidang pengembangan minat dan bakat mahasiswa di bidang literasi, dengan mengeluarkan SK nomor 0021/C.6/IAIC/VII/2020 tanggal 23 Juli 2020 tentang Pendirian UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon.

Jajaran pengurus Sahabat Literasi IAI Cirebon periode pertama yaitu Gita Handayani (ketua), Vivi Silvia (sekretaris), Ari Yoseva (bendahara), Suci Rahmawati, Eva Lilis Solihatun, Irfan Hilmi Labib, Aditia Kuswanto, Sanudi, Anton dan Ahmad Ridoh Setiawan, dengan Masyhari, Lc., M.H.I sebagai pembina, secara resmi dilantik oleh rektor IAI Cirebon, Drs. Ahmad Dahlan, M.Ag. pada tanggal 02 Agustus 2020 bertempat di kampus IAI Cirebon bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Diklat Jurnalistik yang bekerja sama dengan Cirebonplus.com.

Program Kegiatan Periode Pertama

Dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, komunitas SLI memiliki sejumlah program kegiatan. Program perdananya yaitu diskusi rutin. Kegiatan yang dilakukan secara virtual melalui WhatsApp Group ini dimulai pada bulan Mei 2020 bertepatan dengan bulan Ramadan 1441 H. Diskusi dilaksanakan setiap dua hari sekali pada malam hari pukul 20:00-21:00 WIB, dengan menghadirkan narasumber dan host dari anggota komunitas SLI yang terjadwal bergiliran. Materi yang didiskusikan yaitu tulisan dengan genre dan tema bebas dari narasumber pribadi.

Pada bulan Juli 2020, SLI memiliki program kegiatan Tadarus Buku. Kegiatan yang berupa diskusi bedah buku ini dipandu oleh seorang host dan narasumber yang berasal dari anggota komunitas. Narasumber yang terjadwal mengirimkan resensi atas buku yang telah dibacanya. Judul dan genre buku bebas, sesuai dengan minat dan pilihannya; fiksi maupun nonfiksi; ilmiah, popular ataupun sastra. Tulisan-tulisan yang masuk selanjutnya dikumpulkan, diedit dan diproyeksikan untuk diterbitkan. Selain itu, para anggota diharapkan bisa menerbitkan karya tulis secara mandiri di penerbit-penerbit mayor.

Periode pertama juga telah berhasil menerbitkan satu buku kumpulan puisi yang berjudul: Lentera Sahabat Literasi IAI Cirebon (Gemala, 2020).

Selain itu, pengurus SLI periode pertama memiliki program Podcast yang dilakukan secara rutin. Dokumentasi video Podcast bisa dilihat di Instagram @sahabat_literasiiaic dan kanal YouTube Sahabat Literasi IAIC. Dalam periode pertama pengurus SLI dengan tim Podcastnya telah mengadakan Podcast selama beberapa kali, baik di ruang Podcast di kampus maupun di luar kampus, dengan menghadirkan sejumlah narasumber.

Pada periode ini, UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon juga mengadakan kegiatan bedah buku Aswaja NU dan Etika Berpolitik karya Dr. Mahrus El Mawa dengan berkolaborasi dengan Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) IAI Cirebon. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Islamic Centre pada Sabtu 10 April 2021 tersebut menghadirkan penulis buku (Dr. Mahrus), Zahra Amin dan Drs. Shobirin Akmil, MA sebagai narasumber.

Sahabat Literasi IAI Cirebon Periode Kedua

Setelah berakhrinya masa khidmat pengurus SLI periode 2020-2021, pada tanggal 3 Oktober 2021 digelar Musyawarah Besar (Mubes) SLI IAI Cirebon yang pertama, sekaligus dilaksanakan pemilihan ketua baru masa khidmat 2021-2022 secara langsung melalui voting tertutup oleh anggota SLI yang hadir.

Mubes I SLI juga menghasilkan keputusan bahwa 1 periode kepengurusan yaitu selama 1 tahun.

Pemilihan ketua SLI periode 2021-2022 diramaikan dengan 3 orang bakal calon yang muncul yaitu Eva Lilis Solihatun (PAI/5), Suci Rahmawati (PBA/5) dan Ati Latifah (HKI/3) yang dimulai dengan sosialisasi melalui polling dan debat kandidat di Podcast (bisa disaksikan di IG dan YouTube SLI).

Mubes tersebut menghasilkan satu nama terpilih sebagai ketua UKM Sahabat Litreasi IAI Cirebon masa khidmat 2021-2022 dengan suara terbanyak yaitu Sahabat Ati Latifah (HKI/3).

Pelantikan Pengurus Periode Kedua

Setelah terpilihnya ketua baru UKM SLI IAI Cirebon periode kedua, masa khidmat 2021-2022 dan dipilih pula susunan pengurusnya melalui proses seleksi ketat melihat kebutuhan yang ada, pada hari Ahad tanggal 31 Oktober 2021 pukul 13.00 sampai dengan pukul 16.30 WIB diadakan pelantikan pengurus dengan dihadiri oleh Wakil Rektor III IAI Cirebon, ketua Dema, anggota dan beberapa Kaprodi di kampus IAI Cirebon. Kegiatan tersebut diabadikan dalam reportase di website kampus iaicirebon.ac.id .

Adapun nama-nama pengurus periode kedua UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon yakni Masyhari, Lc., M.H.I sebagai pembina, dengan dewan pendiri sebagai penasihat. Bertindak sebagai ketua yaitu Ati Latifah, dengan sekretaris Suci Rahmawati, dan bendahara Eva Lilis Solihatun. Kepengurusan diperkuat dengan beberapa personil yaitu Yusuf Paisal & Malia (divisi kaderisasi), Eko Priyanto & Bunga Jannahtu (divisi kajian dan riset), Rahmat Hidayah (divisi penerbitan dan publikasi), serta Ahmad Ridho & Putri Rahmah (divisi humas).

Program Kegiatan SLI Periode Kedua

Program kerja/kegiatan yang dirancang oleh UKM SLI periode kedua tidak jauh berbeda dengan periode sebelumnya. Pada periode kedua ini, kami tetap memakai program-program kerja dari kepengurusan sebelumnya, karena program yang sudah berjalan cukup bagus dan efektif dalam setiap kegiatannya, juga sangat aktif.

Oleh karenanya, program kerja dari kepengurusan periode pertama tetap dipakai dan lanjutkan di kepengurusan periode kedua, di antaranya yakni diskusi online di Whatsapp Group UKM SLI IAI Cirebon, dan Podcast. Untuk diskusi online, kami menambahi untuk adanya jadwal diskusi offline, mengingat pada kepengurusan periode pertama hampir semua kegiatan dilakukan secara online karena kondisi pandemi covid sedang melanda.

Berawal dari kegiatan diskusi online yang sudah mulai memasuki titik jenuh yang dirasakan oleh penghuni WAG SLI, kami berinisiatif untuk mengagedakan diskusi offline dengan teknis yang tidak jauh beda dengan diskusi online. Dengan menghadirkan narasumber dan host dan menyuguhkan tulisannya untuk kemudian dibahas dan didiskusikan bersama baik dari segi kepenulisannya, maupun isi dari tulisannya.

Tulisan yang dihasilkan dari diskusi, baik online maupun offline dikumpulkan dan diedit, selanjutnya akan diterbitkan menjadi buku bunga rampai. Kegiatan perdana pasca pelantikan yaitu podcast dengan agenda perkenalan pengurus dan sosialisasi program kerja pasca rapat kerja yang menghadirkan seluruh jajaran pengurus dan pembina. Video bisa disimak dalam channel YouTube SLI 1 dan video 2

Mengawali kepengurusan periode kedua, UKM SLI mengadakan kegiatan Diklat Literasi Dasar sekaligus dalam rangka rekrutmen anggota baru. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 26 November 2021 dengan menghadirkan 2 narasumber, yaitu Ikfal Al Fazri dan Masyhari, pembina SLI. Reportase kegiatan bisa dibaca di website kampus iaicirebon.ac.id.

Selain diskusi, kami juga mengagendakan program miniclass. Miniclass yang dimaksud berupa kelas pelatihan intensif di berbagai bidang. Kelas ini digelar dengan maksud agar anggota UKM SLI bisa mengembangkan kreatifitasnya dalam bidang yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Diharapkan para peserta akan ikut terlibat aktif dalam membantu menyukseskan program kegiatan UKM SLI, sekaligus sebagai nantinya akan menjadi kader-kader pengurus pada periode berikutnya.

Adapun Miniclass yang akan kami buat yaitu kelas editing video, kelas editing naskah, kelas desain grafis, kelas sastra, kelas menulis berita dan feature (jurnalistik), kelas menulis opini, esai, atau artikel popular, kelas public speaking dan kelas riset dan artikel ilmiah.

Selain Miniclass, kami juga mempunyai program Safari Rumah Baca yang dimiliki oleh setiap pengurus, anggota UKM SLI atau komunitas literasi yang ada di Cirebon. Selain itu, kami juga mengagendakan kegiatan bedah buku, festival literasi, pameran buku, donasi buku, gelar lapak baca buku, dan lain sebagainya. Semoga semua program kerja di kepengurusan periode kedua ini dapat terealisasikan dengan baik dan memuaskan sesuai harapan kita bersama.[]

About Post Author

Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RumahBaca.id