Cirebon – Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Dukupuntang Kabupaten Cirebon melaksanakan kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) dan Pelantikan di Gedung KBNU Dukupuntang Cirebon, Sabtu (14/8/2021).

Menurut keterangan panitia pelaksana, Makesta diagendakan akan berlangsung selama dua hari (14-15 Agustus 2021). Sedikitnya, 39 peserta mengikuti Makesta yang terdiri dari beberapa Desa yang berada di Kecamatan Dukupuntang.

Bahkan, banyak juga peserta Makesta kali ini yang berasal dari luar kecamatan Dukupuntang. Selain kegiatan makesta dan pelantikan, PAC Dukupuntang akan meluncurkan program Kelas Seni. Program ini sebagai ruang ekspresi dan pengembangan diri anggota.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua MWC NU Dukupuntang KH Asep Saefullah. Dalam sambutannya, ketua MWC NU Dukupuntang, KH Asep Saefullah mengatakan bahwa makesta merupakan bagian dari kegiatan rutin IPNU dan IPPNU. Makesta harus dilaksanakan secara rutin, siapa pun pengurusnya, untuk proses regenerasi.

“MWC NU Dukupuntang senantiasa siap mendukung penuh kegiatan IPNU-IPPNU. Acara ini sebagai bukti keseriusan pengurus PAC IPNU-IPPNU Dukupuntang,” ujar pria yang akrab disapa Kang Asep tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, ia berharap pengurus PAC IPNU-IPPNU Dukupuntang bisa lebih kompak, dan mau mengajak anggota di desa-desa yang belum masuk keanggotaan IPNU-IPPNU.

“Selain itu, IPNU-IPPNU harus bisa merangkul OKP lainnya, seperti Karang Taruna dan Irmas,” tambahnya.

Sementara itu, Ahmad Yusuf, ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon, dalam sambutannya, sangat mengapresasi atas pelaksanaan Makesta pertama di kepengurusan baru PAC IPNU-IPPNU Dukupuntang.

“Karena Makesta merupakan sebuah keharusan bagi setiap pimpinan PAC,” kata dia.

Dia berharap, Makesta dilaksanakan berbasis minat atau kompetensi. Selain itu, IPNU bisa menjadi ruang ahli atau perkembangan skill dan ekspresi bagi anggota.

“Semoga peserta Makesta semuanya bisa aktif dan bisa mengikuti kelas seni yang dilaksanakan oleh PAC IPNU-IPPNU Dukupuntang, karena Makesta merupakan ikhtiar regenerasi IPNU-IPPNU,” lanjutnya.

Menutup sambutannya, Yusuf berharap, tagline cekatan yang berkompeten akan bisa terwujud, dan agenda serupa bisa dilakukan oleh PAC lainnya untuk membuka ruang sendiri, sehingga IPNU-IPPNU menjadi wadah pengembangan diri.[Sihab]

Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *