0 0
Read Time:1 Minute, 34 Second

Penulis: Aceng Jainal Musthofa | Editor: Masyhari

RumahBaca.id – Saung Literasi Hikayat Babakan Losarilor menyelenggarakan kegiatan pelatihan hantaran pengantin, Ahad (6/3/2022), dengan menghadirkan narasumber Marti, seorang ibu rumah tangga kreatif dari Desa Bojong Gebang Kecamatan Babakan.

Peserta pelatihan tersebut didominasi oleh para ibu di sekitar Saung Literasi Babakan Losarilor, khususnya yang berminat mempelajari keterampilan membuat hantaran pengantin. Diharapkan setelah pelatihan tersebut, ibu-ibu mempunyai keterampilan dalam membuat hantaran pengantin. Demikian dikatakan Riska Setianingsih, sekretaris Saung Literasi.

“Kegiatan ini sebagai wujud nyata Saung Literasi dalam upaya pemberdayaan masyarakat khususnya di Babakan Losarilor dalam bidang keterampilan,” terang Riska. Karenanya, lanjut Riska, kegiatan pelatihan tersebut digelar secara cuma-cuma.

Riska mengatakan bahwa bidang keterampilan memang menjadi fokus kegiatan literasi di taman baca yang dikelolanya. “Diharapkan, keterampilan membuat hantaran pengantin ini akan menjadi pemasukan tambahan buat para ibu di sini,” Ungkap Riska.

Sementara itu, Marti, selaku narasumber atau trainer pelatihan tersebut mengatakan bahwa hantaran dan seserahan dalam pernikahan merupakan tradisi masyarakat kita yang sudah umum, dan bahkan bisa dikatakan seserahan sudah menjadi keharusan dalam rangkaian prosesi pernikahan yang ada di Indonesia.

“Seserahan merupakan simbolisasi dari pihak mempelai pria kepada pihak keluarga sebagai wujud tanggung jawab terutama terhadap orang tua calon pengantin wanita,” terangnya. Sayangnya, lanjut Marti, keterampilan untuk menghias seserahan dapat dikatakan tidak banyak orang yang mampu mengerjakannya.

“Oleh karena itu, dengan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan keterampilan kepada para ibu rumah tangga dalam membuat hantaran pernikahan yang unik dan menarik,” imbuhnya.

Permasalahan yang timbul, menurutnya, banyak para ibu yang tidak mengetahui cara membuat hantaran pernikahan dengan kreatif dan menarik. Padahal keterampilan ini sangat diperlukan untuk mereka sendiri ataupun dapat menjadi peluang bisnis jasa menghias hantaran.

Para pengelola Saung Literasi berharap, ke depan para pihak atau stake holder di desa Babakan Losarilor Kecamatan Pabedilan senantiasa mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Taman Baca Saung Literasi Hikayat Babakan Losarilor Kecamatan Pabedilan dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa.[]

About Post Author

Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan tulisan ke:

By Masyhari

Founder rumahbaca.id, pembina UKM Sahabat Literasi IAI Cirebon

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RumahBaca.id